LAPORAN KUNJUNGAN
INDUSTRI
PT YAKULT INDONESIA
PERSADA-SUKA BUMI
Disusun Oleh:
NOVIAN USFAN HADI (1153067)
PROGRAM DIPLOMA III TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK POS
INDONESIA
BANDUNG 2017
BANDUNG 2017
A. PENDAHULUAN
I. Tujuan Kegiatan
Tujuan
dari kegiatan kunjungan industri yang dilakukan oleh maha-siswa jurusan biologi
adalah:
a.
Memperluas pengetahuan
tentang kegiatan industri yang berkaitan dengan kewirausahaan bagi mahasiswa
biologi.
b.
Mengetahui profil PT
Yakult Indonesia Persada sebagai perusahaan yang mampu bertahan di pasar
Indonesia.
c.
Menambah wawasan
tentang bagaimana kewirausahaan dijalankan mulai dari produksi hingga pemasaran
dengan terjun langsung di lapangan.
II. Manfaat Kegiatan
a.
Bagi Mahasiswa
Mahasiswa
dapat mengetahui bagaimana suatu wirausaha dijalankan mulai dari pemilihan
jenis usaha, produksi, distribusi, hingga pemasaran dilakukan.
b.
Bagi Perusahaan
Perusahaan
dapat menjalin hubungan kerjasama dengan lem-baga pendidikan sebagai perusahaan
yang mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia serta memperluas jaringan untuk
menyaring lulusan berkompeten yang mampu diajak bekerjasama di perusahaan.
B. PELAKSANAAN KUNJUNGAN
I. Waktu dan Tempat
Pelaksanaan Kunjungan
Kunjungan
industri yang dilakukan oleh mahasiswa politeknik pos indonesia untuk
mengatahui bagai mana proses dan pengaloaan pembuatan yakult
hari, tanggal : Jum’at,
05 MEI 2017
pukul : 08.00-10.00 WIB
tempat : PT Yakult Indonesia Persada
II. Seminar Pengenalan
Profil Perusahaan
Rombongan mahasiswa
Politenik Pos Indonesia tiba di pabrik Yakult dengan sambutan hangat dari para
karyawan.Dengan baik kami dipersilakan memasuki ruangan untuk pengarahan
kunjungan.Setiap mahasiswa tertib masuk dan diberi 1 botol minuman yakult
secara cuma-cuma.
Pengarahan dilakukan selama
beberapa menit.Presentasi disampai-kan oleh salah satu karyawan dari yakult.Beliau
menjelaskan tentang bagaimana awal mula yakult diciptakan.Mahasiswa menyimak
dengan seksama. Berikut adalah ulasan yang kami terima saat menerima pengarahan
dari pihak yakult:
a.
Sejarah Yakult
Tahun 1930, seorang
dokter dan peneliti mikologi lulusan Kyoto Imperial University Jepang, Dr.
Minoru Shirota, berhasil me-nemukan bakteri asam laktat yang bermanfaat.Lactobacillus casei Shirota strain
adalah jenis bakteri yang ditemukan dan diketahui man-faatnya untuk menekan
pertumbuhan bakteri merugikan yang terdapat dalam usus manusia. Melihat potensi
bakteri tersebut, Dr. Minoru Shirota menaruh perhatian yang besar kepada
masyarakat. Hasil dari dedikasinya yang tinggi untuk terus membantu menjaga
kesehatan masyarakat, pada tahun 1935 Dr. Minoru Shirota menciptakan minu-man
prebiotik dengan bakteri Lactobacillus
casei Shirota strain yang pada masa
itu dijual murah kepada masyarakat Jepang.
Minuman tersebut dikenal dengan nama yakult, minuman pelopor prebiotik.
Penelitian akan bakteri
bermanfaat ini terus dikembangkan. Oleh karenanya pada tahun 1976 didirikan
Pusat Penelitian Mikrobio-logi Yakult (Yakult
Central Institute for Microbiological Research) di Tokyo, Jepang untuk
melakukan beragam penelitian guna mengem-bangkan produk-produk yang dihasilkan
dengan menggunakan bakteri bermanfaat.mPenelelitian
yang dilakukan di Yakult Central Institute meliputi:
i.
Penelitian dan
pengembangan produk-produk makanan.
ii.
Penelitian dan
pengembangan produk kosmetik.
iii.
Penelitian dan
pengembangan produk farmasi.
iv.
Penelitian bakteri usus.
v.
Penelitian dan
pemberdayaan bahan-bahan bioaktif.
vi.
Penelitian bioteknologi.
vii.
Test keamanan untuk produk
dan bahan baku.
Pemasaran Yakult di indonesia dimulai dengan
didirikannya perusahaan PT Yakult Indonesia Persada pada tanggal 2 Februari
1990 yang merupakan usaha patungan dengan status Penanaman Modal Asing (PMA)
antara PT Perkasa Simpati Persada dan Yakult Honsha Co.Ltd. (Jepang).
|
b.
Produk
Perusahaan Yakult hanya
menghasilkan minuman prebiotik de-ngan kandungan bakteri Lactobacillus casei Shirota strain lebih dari 6,5 milyar yang mampu
mencapai usus dalam keadaan hidup.
Dalam satu botol
kemasan Yakult yang dijual di pasaran, terdiri dari komposisi sebagai berikut:
-
Lebih dari 6,5 milyar
bakteri Lactobacillus casei Shirota
strain hidup
-
Susu bubuk skim
-
Glukosa dan sukrosa
-
Perisa Yakult
-
Air
Yakult tetap
mempertahankan produk yang memiliki ciri khas warna alami dari hasil fermentasi
tanpa tambahan rasa-rasa sintetis. Walaupun berbeda dalam cara pengemasan
produk, Yakult selalu menjualnya dengan takaran yang pas untuk sekali minum
dalam tiap kemasan botol 65 ml. Di beberapa negara yakult dijual dalam kemasan
botol 100 ml.
c.
Bakteri Lactobacillus casei Shirota Strain
Untuk mencegah penyakit yang banyak menyerang pencernaan, peran
bakteri baik dalam usus perlu dimaksimalkan.Dari beberapa penelitian ditemukan
bakteri asam laktat yang baik dan berguna bagi kesehatan.Bakteri itu dinamakan Lactobacillus
casei.Ada beberapa manfaat bakteri ini bagi tubuh yaitu, bakteri ini mampu
memproduksi asam laktat yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan menu-runkan
bakteri jahat, mencegah gangguan pencernaan terutama kons-tipasi dan diare
serta mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh.Kompo-sisi bakteri baik di perut
yang ideal tak hanya melindungi tubuh dari diare dan sembelit, tetapi juga
meningkatkan kekebalan tubuh, menu-runkan kolesterol, dan mencegah kanker.
Lactobacillus casei merupakan bakteri probiotik yang telah
lama digunakan dalam susu fermentasi seperti pada produk Yakult, Jepang. Lactobacillus
casei membantu membatasi pertumbuhan bakteri jahat dalam usus.
Lactobacillus casei
adalah
bakteri Gram-positif, anaerob, tidak memiliki alat gerak, tidak menghasilkan
spora, berbentuk batang dan menjadi salah satu bakteri yang berperan
penting. Lactobacillus ada-lah bakteri yang bisa memecah protein,
karbohidrat, dan lemak dalam makanan, dan menolong penyerapan elemen penting
dan nutrisi se-perti mineral, asam amino, dan vitamin yang dibutuhkan manusia
dan hewan untuk bertahan hidup.
BakteriLactobacillus casei yang terdapat atau digunakan dalam mengahasilkan produk probiotik
yakult terbukti
ampuh mengurangi terjadinya diare akut pada anak-anak kecil dan perbedaannya signifi-kan
secara statistik. Dalam penelitian probiotik, yang mengacu pada
mikroorganisme hidup yang memberi keuntungan pada tuan rumah (konsumen) dengan
memperbaiki keseimbangan flora usus. Strain probiotik adalah Lactobacillus
casei strain Shirota (YIT9029), yangdi samping aksi regulasi usus, telah
dibuktikan yang memiliki aksi immunoregulatory seperti membantu
menekan kambuhnya kanker kandung kemih dangkal dan mengurangi gejala alerg
d.
Manfaat Minuman
Prebiotik Yakult
Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup
yang terdapat dalam minuman yakult memiliki manfaat untuk membantu:
-
Menjaga keseimbangan
mikroorganisme baik di dalam usus
-
Menekan pertumbuhan
bakteri merugikan
-
Mengurangi racun yang
dikeluarkan oleh bakteri merugikan
-
Memperbaiki sistem
pencernaan
e.
Proses Produksi
PT Yakult Indonesia
telah menerapkan proses produksi berda-sarkan manajemen keamanan pangan sesuai
standar ISO 22000:2005. Dalam manajemen kualitas, PT Yakult Indonesia juga
telah mengan-tongi sertifikat internasional ISO 9001:2008.Untuk itu tidak perlu
diagukan produk Yakult yang sudah jelas aman dan berkualitas unggul.
Sertifikat tersebut
bukan serta-merta diberikan.Sebagai bahan pertimbangan, maka yakult sebisa
mungkin menerapkan standar untuk mengolah produknya.Cara-cara yang dilakukan
harus bersifat higinies dan ramah lingkungan.
Tidak hanya bahan baku,
standar prosedur operasi untuk karya-wan juga sangat diperhatikan. Sebelum
memasuki ruang kerja, sepatu yang dikenakan akan secara otomatis dibersihkan
dengan alat. Karya-wan harus memakai masker serta penutup kepala.Apabila
karyawan telah mensucihamakan kedua tangan, barulah pintu ruang produksi bisa
dibuka.Selain itu, karyawan harus melalui air
shower yang ber-fungsi untuk membersihkan pakaian kerja khusus dari kotoran
yang menempel.
Setelah karyawan siap
dalam kondisi bersih, barulah mesin-mesin produksi bisa dioperasikan. Pembuatan
minuman prebiotik yakult harus melalui beberapa tahan seperti gambar di bawah
ini
Pada gambar terdapat
beberapa tahapan yang ditandai dengan huruf A-E dengan keterangan proses:
A:
Proses pembuatan seed starter.
Susu bubuk skim dan glukosa dilarutkan dengan air kemudian disterilisasi dan
difermentasikan dengan penambahan Lactobacillus
casei Shirota strain di dalam tangki pembibitan (Seed tank).
B
:Proses pembuatan susu fermentasi.Dari seed tank, larutan ditu-angkan ke dalam
silo. Larutan dari silo yang masih pekat selanjutnya dilarutkan dengan air panas
di dalam dissolving tank. Setelah
pelaru-tan sempurna, larutan ditransfer ke mesin Ultra High Temperature (UHT) untuk disterilisasi pada temperatur
sekitar 120oC. Larutan susu steril akan ditransfer ke culture tank untuk mendapatkan warna
khas yakult. Susu akan dipanaskan pada suhu 98oC. Setelah
difermentasi hingga memenuhi standar mutu, larutan akan dihomogenisasi meng-gunakan
mesin homogenier.
C
: Proses pembuatan sirup. Sukrosa akan dituang
dalam silo tank. Sukrosa akan
dilarutkan menggunakan air panas di dalam dissolving
tank. Setelah larut sempurna, sirup ditransfer ke mesin HTST (High Temperature Short Time) untuk
disterilisasi.
D
: Proses mixing. Susu
dari mesin homogenier dari proses B ditrans-fer ke storage tank yang sudah berisi sirup steril hasil proses C. Dari
proses ini dihasilkanlah Yakult
Concentrate (YACON).
E
: Proses sterilisasi air pencampur. Air
yang sudah mendapatkan perlakuan awal selanjutnya disterilisasi dengan mesin
ultraviolet (UV) dan ditampung sebagai AIR STERIL di dalam water tank.
F
: Proses mixing 2. YACON
dan AIR STERIL dicampur di mesin blending.
Tahap
selanjutnya yakni proses pembotolan dan pengepakan. Botol-botol polystyrene
dihasilkan oleh mesin moulding.Mesin
ini mampu menghasilkan 11.000 botol dalam sekali produksi.Yakult dibotolkan
secara otomatis oleh mesin pengisi dengan takaran 65 ml dan ditutup dengan
aluminium foil. Yakult yang sudah dibotolkan akan dikemas menjadi kemasan multi
yang terdiri dari 5 botol/pak dan dikemas menjadi kemasan repack yang terdiri dari 10 pak multi (50 botol). Yakult yang sudah
dikemas akan disimpan dalam cold storage.
Botol
yakult kemasan repackakan dibedakan
menjadi dua jenis. Pertama dengan tutup kemasan bening yang akan didistribusi-kan
langsung di pasaran. Kedua yakni kemasan dengan tutup plastik biru. Kemasan ini
akan menjadi stock distribusi yang
dilakukan oleh yakult lady.
Dalam
berita yang termuat di surat kabar online Surya, Director Marketing Communication and Commercial PT Yakult Indonesia
Persada Antonius Nabanan mengatakan, pabrik di Mojokerto akan dapat memproduksi
yakult 65 mililiter dengan jumlah produksi sebanyak 610 ribu botol per hari.
f.
Distribusi
Saat ini, yakult diproduksi dan dijual
di Jepang,
Asia,
Australia,
Amerika Latin,
dan Eropa,
walaupun bakterinya masih diimpor dari Jepang.Indonesia merupakan salah satu
negara di Asia yang bernaung dalam mitra perusahaan yakult di Jepang. Di
Indonesia sendiri yakult telah memiliki lebih dari 30 kantor pusat distribusi.
PT Yakult Indone-sia merupakan perusahaan yang bersifat make to order(MTO) dimana perusahaan
memproduksi (membuat) dengan fasilitas produksi yang dimiliki untuk memenuhi
sesuai pesanan atau order (forecast).Hal
ini disebabkan karena minuman yakult sendiri hanya bertahan 40 hari saja
sehingga harus diusahakan supaya dikonsumsi secepatnya oleh konsumen. Apalagi,
kapasitas produksi minuman yakult mencapai 1,8 juta botol/ hari yang
memungkinkan terpenuhinya permintaan sehingga termasuk dalam produksi masal.
Ada dua cara distribusi yakult:
a.
Yakult Lady
Yakult
lady adalah para ibu rumah tangga
yang terlebih dahulu dibimbing untuk menjalankan misi mengirimkan Yakult dengan
kualitas terbaik dimanapun dan kapanpun.Sistem ini mela-yani pengiriman Yakult
kepada pelanggan walau hanya 1 botol saja.Yakult repack dengan kemasan tutup plastik biru yang disim-pan di cold storage digunakan untuk distribusi
melalui yakult lady. Yakult lady juga melakukan komunikasi dan
memberikan informa-si kesehatan kepada pelanggan, sehingga yakult lady disebut pula sebagai Pusat
Informasi Berjalan. Yakult yang didistribusikan di-letakkan dalam sebuah box
khusus yang mampu menjaga suhu dingin.
b. Direct Sales
Direct
sales menjamin ketersediaan yakult di
seupermarket, minimarket, toko, kantin, dan gerai lainnya. Direct sales melayani pendistribusian ke tempat penjualan yakult
dalam skala besar, bu-kan ecer. Pendistribusian dari pabrik ke tempat-tempat
tujuan dila-kukan menggunakan kendaraan berpendingin ke seluruh wilayah yang
tersebar di seluruh pulau Jawa, Madura, Bali, Lombok, Suma-tera, Batam, Bangka,
Kalimantan, dan Sulawesi. Pada tempat dis-tribusi akan disediakan lemari
pendingin untuk menjual yakult.
Yakult yang dijual di pasaran haruslah
dalam keadaan dingin. Suhu yang dingin akan mempertahankan bakteri baik hidup.
Jika Yakult di jual tidak dalam suhu dingin atau Yakult hanya disimpan di suhu
ruangan, maka kualaitas dari minuman prebiotik akan menurun.
Produk
minuman kesehatan yakult sangat sensitif terhadap tem-peratur. Perubahan
temperatur sangat berpengaruh terhadap bakteri Lactobacillus casei
Shirota strain yang terdapat dalam minuman yakult. BakteriLactobacillus
casei harus dipertahankan hidup, kare-nanya harus diusahakan agar setelah
dibotolkan, bakteri-bakteri terse-but tidak lagi melakukan proses fermentasi.
Untuk itu yakult harus selalu disimpan didalam pendingin (dibawah 10°C) karena
penyim-panan didalam pendingin akan menjaga bakteri yakult tetap non aktif.
C. PEMBAHASAN ATAU DISKUSI
Setelah
melakukan kunjungan industri, banyak faktor-faktor yang dapat dijadikan bahan
kajian terkait dengan kewirausahaan sesuai yang telah dijelas-kan oleh karyawan
yakult.Melihat besarnya wilayah industri yakult yang ter-sebar hampir di semua
negara di dunia, ada di lebih dari 32 negara, pastilah memiliki kelebihan dan
kekurangan baik di bagian produksi, kemitraan, atau bahkan pemasaran.
Untuk lebih jelasnya, maka kami akan menjelaskan
beberapa faktor dalam kewirausahaan.
I.
Pemilihan
Jenis Usaha
Memulai
kewirausahaan penting kiranya meninjau terlebih dahulu jenis usaha yang akan
dikembangkan. Pemilihan jenis usaha didasarkan atas kebutuhan perseorangan atau
kelompok untuk meraih hasil dari tu-juan pemilihan jenis usaha.Banyak faktor
yang perlu dipertimbangkan untuk menjadi seorang wirausaha menentukan jenis
usaha yang akan di-kembangkan seperti permintaan pasar, modal, bahan baku yang
diguna-kan, target pasar, dll.
Untuk
pemilihan jenis usaha, yakult memegang kendali atas salah satu faktor yaitu
bahan baku yang digunakan. Bahanbaku yakult yang berupa bakteri Lactobacillus casei Shirota strain
memegang andil penuh dalam berjalannya usaha minuman berfermentasi ini.Dr.
Minoru Shirota mampu mengendus peluang usaha yang tidak memiliki banyak kompeti-tor.Bakteri
temuannya menjadi hak atas usaha yang dikembangkannya. Bakteri baik yang telah ditemukan
melalui proses strain ini menjadi
bahan baku yang tidak mudah didapatkan di pasar maupun di alam bebas. Bakteri
ini tidak dijual secara bebas. Sehingga, untuk mendirikan suatu usaha seperti
yakult, rasanya perlu melakukan strain bakteri
sendiri dan memikirkan lagi proses-proses yang akan dibutuhkan untuk membuat
susu fermentasi selanjutnya.
Dr.
Minoru Shirota bahkan menjadi pioneer
pencetus minuman susu berfermentasi yang mengandung bakteri hidup Lactobacillus casei.Dengan jargon
andalan “Cintai Ususmu”, yakult mampu mengajak para konsumen untuk membeli
produknya.Yakult yang memproklamirkan diri mampu membantu menjaga usus dengan
membawa bakteri baik sampai ke usus dalam keadaan hidup membuat konsumen
percaya bahwa produk yang dijual sangat memberi manfaat dan tanpa efek samping
jika dikonsumsi sesuai yang dianjurkan sesuai jargon, “Sudahkan anda minum
Yakult hari ini?Saya minum dua.”Sebagai pioneer
yang telah memiliki bahan baku sebagai senjata usaha, maka yakult dalam perkem-bangan
usahanya akan mampu bertahan dan tidak akan tersaingi oleh produk-produk yang
dihasilkan dari badan usaha yang meniru.
II. Produksi
Dalam produksi suatu
kewirausahaan yang menyediakan barang, lama produksi dan hasil produksi adalah
permasalahan yang penting un-tuk dipikirkan. Seberapa cepat bahan baku diubah
menjadi produk jadi dan seberapa cepat tenaga kerja menghasilkan produk
merupakan salah satu keberhasilan yang dapat dicapai dari sektor produksi.
Yakult hanya
menciptakan satu produk saja. Yakni minuman susu fermentasi yang mengandung
bakteri hidup Lactobacillus casei. Produk
yang dihasilkan tetap mempertahankan warna asli larutan dan tanpa penambahan
rasa buatan. Sehingga konsentrasi akanproses produksi tidak akan terpecah-belah
karena yang diproduksi hanya satu jenis produk saja.
Saat melakukan
kunjungan industri, PT Yakult secara terbuka memberi tahu tentang
berlangsungnya proses produksi.Dari penjelasan yang telah kami paparkan di
atas, maka kita tahu bahwa dalam sekali jalan, yakult mampu menghasilkan 610
ribu botol per hari.Produksi yakult banyak dikerjakan oleh mesin yang dikontrol
hanya oleh beberapa perkerja.Mesin-mesin ituterus dioperasikan oleh karyawan.Di
setiap tahap pemrosesan, terdapat operator yang mengoperasikan mesin. Kapan
mesin berhenti dan bekerja akan dikontrol. Tangki yang digunakan untuk
memproduksi yakult memiliki kapasitas ribuan liter, dari 3000-5000 liter.
Waktu yang dibutuhkan
untuk fermentasi memang cukup lama.Namun itu semua tidak menjadi kendala dalam
produksi.Pasalnya, ba-nyak tangki-tangki penampung larutan untuk memfermentasi
dalam wak-tu yang berbeda. Sehingga apabila satu tangki telah menghasilkan fer-mentasi
larutan sempurna, akan digantikan oleh larutan baru. Begitu se-terusnya pada
setiap tangki.Sehingga hal tersebut tidak memakan waktu produksi dan mengganggu
hasil produksi yang harus disetorkan ke banyak pusat distributor.
Selain produksi susu
fermentasi yang berkapasitas banyak, PT Yakult juga memproduksi sendiri botol
yakult yang berasal dari bahan polystyrene. Botol yakult selalu dibuat dalam
kondisi baru, bukan dari hasil daur ulang plastik.Sehingga keamanannya selalu
terjaga. Juga tutup botol yang terbuat dari aluminium foil yang mencegah
bakteri mati atau terjadi kontaminasi dari lingkungan luar sehingga
mengalihfungsikan peran bakteri Lactobacillus
casei.
Produksi yang
terkontrol dan disesuaikan dengan permintaan pa-sar ini membuat PT Yakult mampu
menangani kerugian yang tidak di-inginkan.Target waktu pemenuhan produk di
distributor tidak akan ter-lambat jika proses produksi berjalan sesuai teknis
dan dikerjakan dengan disiplin waktu yang baik.
III. Distribusi
Menurut
Haryono, dkk. (2000:41) distribusi merupakan saluran perdagangan atau saluran
pemasaran yang berfungsi untuk memindah-kan nama dan fisik produk untuk
disalurkan ke distributor kecil yang akan langsung menjual produk ke pasar
sesuai dengan kegunaan.
Yakult
memiliki dua sistem distribusi dengan yakult lady dan direct sales.Sistem
distribusi seperti ini memang lebih memudahkan suatu produk sampai di tangan
konsumen secara langsung tanpa harus pergi ke toko atau pusat distributor yang
menerima stock dari sistem distribusi
direct sales.
Yakult
harus dipastikan selalu dalam keadaan dingin. Oleh karena itu, yakult lady menggunakanbox
khusus untuk menjaga suhu yakult tetap rendah selama mengantar pesanan.
Sistem direct sales mengguna-kan
mobil berpendingin dalam pengiriman.Selain itu, pihak yakult juga harus menjaga
kondisi yakult tetap dingin di para distributor. Oleh kare-na itu, yakult akan
membuat kesepakatan dengan para distributor terkait pengguanaan lemari
pendingin khusus untuk menjaga kualitas produk yakult.
Sistem
distribusi melalui yakult lady tidak
melihat berapa banyak produk yang dipesan konsumen. Walau satu biji pun, yakult
lady akan melayani. Sistem seperti
ini akan menumbuhkan rasa puas pelanggan dan kepercayaan terhadap produk yakult
akan muncul.
Namun,
bukan berarti yakult tidak memiliki kendala di sektor distribusi.Yakult yang
dalam produksinya tidak menggunakan bahan pengawet hanya mampu bertahan hingga
40 hari saja.Selain itu, hanya ada dua pabrik yang memproduksi yakult yang
memenuhi permintaan pasar di seluruh wilayah Indonesia.Sehingga, dalam
pengiriman produk ke distributor yang ada di seluruh wilayah Indonesia harus
melalui perhitungan waktu yang tepat.
Yakult
telah menyediakan banyak sekali mobil berpendingin yang akan menyalurkan produk
ke distributor pusat di 33 kota. Untuk wila-yah luar Jawa akan membutuhkan
waktu yang lebih lama karena jalur transportasi yang dilalui tidak hanya jalur
darat, tetapi juga membutuh-kan transportasi air. Penggunaan mobil berpendingin
yang memiliki tujuan masing-masing akan mempermudah pabrik dalam pemenuhan
pesanan pasar dan memperlambat waktu kadaluarsa saat yakult sampai di
distributor.
IV. Pemasaran
Pemasaran
merupakan hal yang paling menentukan jika seseorang memutuskan terjun ke dunia
wirausaha. Menurut Haryono, dkk. (2000:32), pemasaran merupakan salah satu dari
beberapa kegiatan pokok yang dilakukan oleh pelaku usaha dengan tujuan untuk mempertahan-kan
kelangsungan usaha yang telah berjalan serta terus berkembang demi mendapat
laba.
Ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasaran, yaitu:
a.
Mengetahui Gambaran
Pasar
Yakult
yang berpusat di Jepang telah memiliki nama besar seba-gai perusahaan pelopor
minuman prebiotik. Yakult yang memiliki tujuan pemasaran jelas, ingin membantu
setiap orang menjaga kesehatan usus, berupaya untuk melebarkan sayap produksi
dengan bermitra di lebih dari 32 negara di 4 benua. Dengan kondisi pasar yang
memungkinkan untuk menampung produk minuman prebiotik yang membantu menjaga
kesehatan usus, yakult mampu bersaing di pasar bebas dengan produk minuman yang
lain.
b.
Mengetahui Potensi
Pembeli
Yakult sebagai minuman prebiotik yang membantu
menjaga kesehatan usus telah menjamin produknya aman untuk dikonsumsi.Yakult
memastikan produknya mampu dikonsumsi untuk semua kalangan. Tidak membedakan
usia, jenis kelamin, kebutuhannya tidak ditentukan oleh musim ataupun kondisi
tertentu. Oleh karena itu, potensi pembeli akan sangat besar mengingat tidak
ada patokan tertentu untuk konsumen.
c.
Rencana Penentuan Harga
Yakult sebagai minuman prebiotik tidak
dibutuhkan dalam jum-lah banyak.Pengemasan produk harus disesuaikan dengan kebutu-han
konsumsi. Di Indonesia, yakult dibotolkan dengan takaran 65 ml dan akan dikemas
menjadi kemasan multi yang terdiri dari 5 botol/pak. Harga yang ditentukan
tentulah diorientasikan pada biaya pro-duksi dan biaya distribusi. Selain itu,
lama produksi untuk fermen-tasi juga
mempengaruhi penentuan harga. Karena dari identifikasi potensi pembeli yang
bernilai besar, maka harga yang dilepas di pasar harus bisa direngkuh oleh
semua kalangan.Harga yakult di pasaran yakni sekitar Rp 7.500,00.Apabila dijual
ecer, kita hanya butuh merogoh kocek Rp 1.500,00. Harga tersebut tentulah tidak
akan mencekik anggaran bulanan rumah tangga jika minuman yakult telah menjamin berkontribusi
dalam menjaga kesehatan usus keluarga.
d.
Pengiklanan dan Promo
Sebagai
perusahaan yang hampir merengkuh seluruh bagian pasar dunia, yakult memiliki
trik jitu dalam pengiklanan dan promo produk.Pasti kita selalu melihat tayangan
iklan yakult di televisi.Coba perhatikan jargon yakult.Cintai ususmu, minum yakult tiap hari.Atau dengarkan percakapan
yang dilakukan oleh bintang iklan.Sudahkah
anda minum yakult?Saya minum dua.Iklan seperti ini secara tidak langsung
membuat konsumen terstimulasi untuk selalu mengkonsumsi yakult dua botol setiap
hari seperti yang disarankan.Bayangkan jika konsumen sangat terpengaruh oleh
iklan semacam itu.Yakult diminum oleh lebih dari 30 juta orang.Setiap orang
mengkonsumsi dua botol yakult. Kita akan dapat mengkalkulasikan hasil kotornya
tanpa harus melalui penghitungan rinci melalui survei.
Iklan
cerdas seperti ini mampu membuat konsumen percaya bahwa manfaat yakult akan
benar-benar dapat dirasakan apabila kita mengkonsumsinya dua botol setiap hari.
Tanpa mereka sadar, yakult hanyalah sebuah minuman yang membantu melaksanakan
kerja sistem pencernaan kita terutama di usus. Tanpa yakult pun, sistem
pencernaan akan berjalan normal.
D. SIMPULAN DAN SARAN
I. Simpulan
Yakult
merupakan pelopor minuman prebiotik yang mengandung bakteri Lactobacillus casei Shirota strain
dengan manfaat membantu usus dalam menekan pertumbuhan bakteri merugikan
sehingga usus kita se-lalu berfungsi dengan baik. Di Indonesia, yakult mulai
berdiri pada tahun 1990. Untuk memenuhi permintaan pasar, yakult mengoperasikan
dua pabrik yang ada di Sukabumi-Jawa Barat dan di Mojokerto-Jawa Timur. Sistem
distribusi yakult dilakukan dengan dua sistem, dengan sistem yakult lady dan direct sales.Yakult terus melakukan inovasi untuk meng-embangkan
mutu produk yang membantu menjaga kesehatan usus selu-ruh kalangan masyarakat.
II.
Saran
a.
Untuk mahasiswa
Setelah
kami melakukan kunjungan industri ke PT Yakult saran bagi mahasiswa yakni agar
selalu menjaga sopan santun selama mela-kukan kunjungan, selain itu kurangnya
rasa ingin tahu mahasiswa juga menyebabkan sesi tanyajawab antara pihak yakult
dengan pengunjung menjadi terbatas dari
pertanyaan-pertanyaan kritis yang seharusnya dapat lebih ditingkatkan untuk
lebih menambah wawasan tentang bagaimana merintis dan mengembangkan sebuah
perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar